Situs web eSTR / STR https://ktki.kemkes.go.id/registrasi sejauh ini telah banyak membantu tenaga kesehatan untuk mengurus segala hal terkait STR (Surat Tanda Registrasi) Tenaga Kesehatan. Jika server sedang stabil, maka tenaga kesehatan hanya perlu 3-7 hari saja untuk mendapatkan eSTR setelah melakukan pembayaran STR di server simponi.
Seperti yang kita ketahui bersama, sepanjang tahun 2021 server web eSTR / STR Tenaga Kesehatan memang sering mati / bermasalah / error. Mengapa Server Web eSTR / STR Online Tenaga Kesehatan Sering Mati / Bermasalah / Error ?
Jawaban pertanyaan di atas, tentunya hanya pihak sekretariat KTKI yang mengetahuinya. Sayangnya kejadian tersebut terus berulang kembali.
Hal ini sangat merugikan / menghambat bagi tenaga kesehatan yang membutuhkan STR baik pengajuan baru maupun perpanjangan STR Tenaga Kesehatan.
Apa yang sebaiknya kita lakukan ketika web eSTR / STR Tenaga Kesehatan mati?
- Hal yang bisa kita lakukan adalah menunggu tanpa kejelasan dengan penuh kesabaran. Biasanya jika server mati, perbaikannya sekitar 3-7 hari, bisa lebih lama tergantung masalah teknisnya.
- Rutin melakukan pengecekan melalui chatbot SARI di Telegram.
Apa yang sebaiknya kita lakukan ketika web eSTR / STR Tenaga Kesehatan bermasalah, semisal hanya berputar-putar dan lambat?
- Kita bisa coba browser lainnya misalnya Firefox atau Microsoft Edge terbaru, pastikan internet yang kita gunakan stabil.
- Akses situs web STR KTKI di luar jam kerja misalnya setelah jam 18 atau sebelum jam 9 pagi.
- Jika masih mengalami hal yang sama, kita bisa menghubungi Helpdesk KTKI di alamat email [email protected].
Apa yang sebaiknya kita lakukan supaya perpanjangan STR tidak terhambat karena web eSTR / STR Tenaga Kesehatan yang sering mati?
- Lakukan perpanjangan eSTR / STR jauh hari yaitu 6 bulan sebelum masa berakhir STR.
Kejadian matinya situs web STR KTKI yang terus berulang, tentunya harus segera dicari solusinya oleh sekretariat KTKI, misalnya memperbaiki tata kelola sistem informasi dan perangkat keras, mengganti pengembang web, atau bisa juga menggunakan strategi memecah situs web ke masing-masing konsil sehingga ketika satu server web bermasalah tidak menganggu seluruh tenaga kesehatan.
Solusi alternatif lainnya adalah server STR KTKI menyediakan API untuk sistem organisasi profesi agar pemrosesan dan validasi pengajuan STR ada di sistem informasi organisasi profesi, sedangkan server KTKI hanya sekedar menerima data, penerbitan kode billing, penandatanganan digital pejabat terkait dan penerbitan STR secara digital.
Semoga sekretariat KTKI dapat memikirkan langkah-langkah inovatif supaya pelayanan STR Tenaga Kesehatan benar-benar semakin cepat, mudah dan aman.